Bolehkah Wajah yang Berjerawat Menggunakan Pelembap?

Wida Kriswanti | 19 Desember 2018 | 22:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mereka yang kulit wajahnya berjerawat kerap dihinggapi kebingungan dalam hal perawatan harian. Ingin tetap mengaplikasikan produk perawatan, namun dikhawatirkan akan membuat jerawat semakin parah. Akhirnya, tidak sedikit mereka yang berjerawat yang kemudian membiarkan kulit wajahnya bersih tanpa produk perawatan apapun. Apakah langkah ini tepat?

Dokter spesialis kulit dan kelamin Atika Damayanti mengatakan, bahwa sebaiknya produk pelembap tetap digunakan. Terutama pelembap yang mampu menghidrasi atau memberi kelembapan yang optimal. Penyebabnya adalah reaksi alami yang sangat mungkin terjadi ketika kulit wajah berada dalam kondisi terlalu kering. Yakni, tubuh mengeluarkan sinyal untuk memproduksi minyak.  

"Minyak berlebih inilah yang berisiko memperparah kondisi jerawat di wajah," bilang dokter Atika, ditemui usai acara peluncuran Creme de la Corine di Jakarta, Selasa (18/12). Jadi, pelembap yang mampu menghidrasi justru akan membantu mengurangi sinyal produksi minyak tersebut, sehingga dapat membantu proses penyembuhan jerawat. 

Namun di luar penggunaan pelembap yang tepat, dokter Atika lebih mengingatkan untuk berhenti menutupi jerawat dengan riasan wajah. Terutama yang sifatnya coverage, seperti foundation, BB cream, atau CC cream. Karena ini bisa menyumbat pori dan juga jerawat yang sedang diobati. 

"Kepada pasien - pasien di klinik, saya selalu menganjurkan untuk berhenti total menggunakan kosmetik selama masa pengobatan. Kurang lebih 3 bulan berhenti pakai BB cream atau CC cream, dan segala jenis foundation lainnya, biasanya sembuh," ungkap dokter Atika. 

(wida / wida)

Penulis : Wida Kriswanti
Editor: Wida Kriswanti
Berita Terkait